[info] 10 jenis makanan sampah yang harus dihindari a.k.a junk food


Makanan sampah atau biasa dilafazkan sebagai junk food merupakan makanan yang tidak memiliki kandungan gizi yang memadai. Yang jadi pertanyaan, jika kita memasak dan nilai kandungan gizinya berkurang atau tidak ada sama sekali, dapatkah makanan tersebut dikatakan Junk Food? Hmm, who knows!

Namun, menurut Badan kesehatan dunia (WHO), ada 10 jenis makanan sampah yang perlu dikurangi, bahkan dihindari. Karena jika terus menerus dikonsumsi dapat mengganggu kesehatan. Nah, silahkan rekans ambil kesimpulan sendiri dari 10 jenis makanan sampah (junk food) dibawah ini. Semoga bermanfaat.

1. Gorengan
Spoiler for gorengan:
Junk food ini mengandung kalori, lemak/minyak, dan oksidan yang tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur, dapat menimbulkan berbagai macam penyakit mulai dari obesitas, penyakit jantung koroner, hingga kanker (karena zat karsiogenik yang dihasilkan dalam proses penggorengan)
Spoiler for pic gorengan:


2. Mi Instan dan Makanan Cepat saji (fast food)
Spoiler for fast food:
Makanan yang sangat lezat dan praktis ini ternyata mengandung garam dalam jumlah sangat tinggi, serta vitamin dan mineral dalam jumlah sangat rendah. Kadar garam yang tinggi mengandung trans lipid, memperberat beban ginjal dan pembuluh darah jantung, serta menaikkan tekanan darah.
Spoiler for pic fast food:


3. Jeroan dan Daging Berlemak
Spoiler for jeroan dan lemak:
Makanan ini mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Konsumsi jeroan dalam jumlah banyak dan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sakit jantung koroner, tumor ganas, dan kanker.
Spoiler for pic pencet aja:


4. Asinan
Spoiler for asinan:
Jumlah garam yang melebihi batas akan memberatkan beban ginjal, merusak selaput lendir lambung, merusak usus, dan memperbesar resiko tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi. Yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang adalah bahwa amonium nitrit seringkali ditambahkan dalam proses pengasinan. Zat ini menimbulkan resiko kanker hidung dan tenggorokan.
Spoiler for pic asinan:


5. Daging Olahan
Spoiler for daging olahan:
Makanan yang dapat dimasukkan ke dalam kategori ini adalah makanan seperti baso, sosis, nugget,ham, corned, dan sebagainya. Makanan jenis ini mengandung garam nitrit yang beresiko menimbulkan kanker, pengawet dan pewarna yang beresiko bagi hati, serta natrium yang memberatkan kerja ginjal dan membuat tekanan darah labil.
Spoiler for pic daging olahan:


6. Makanan yang Dipanggang/Dibakar
Spoiler for panggang dan bakar:
Jika dikonsumsi secara reguler dalam jumlah yang tinggi dan jangka waktu lama, makanan jenis ini akan memperbesar resiko penyakit kanker karenamengandung zat penyebab kanker.
Spoiler for pic panggang/bakar:


7. Sajian Manis Beku
Spoiler for sajian beku dan manis:
Es krim dan frozen cake adalah contoh junk food golongan ini. Junk food ini mengandung kadar mentega tinggi yang menyebabkan obesitas, kadar gula tinggi yang mengurangi nafsu makan, dan suhu rendah yang memberi efek negatif bagi usus.
Spoiler for pic:


9. Makanan Kaleng
Spoiler for makanan kaleng:
Kandungan vitamin dan protein makanan dalam kaleng tentu saja sudah berkurang jika dibandingkan dengan yang alami. Hal ini otomatis menurunkan nilai gizinya, ditambah dengan interaksinya dengan kaleng dan pengawet yang mengandung berbagai macam zat kimia berbahaya. Buah kaleng jauh lebih berbahaya lagi, karena mengandung kadar gula dan kalori yang sangat tinggi.
Spoiler for pic makanan kaleng:


10. Olahan Keju
Spoiler for olahan keju:
Makanan olahan keju yang dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menambah berat badan yang menaikkan kadar gula darah. Kadar lemak dan gula yang tinggi menyebabkan pengosongan perut, hyperakiditas, dan rasa terbakar.
Spoiler for pic olahan keju: